Get Adobe Flash player
Phenom's picture

Filosofi Taktik FM 2010: Very Rigid

Seri Tutorial & Guide Filosofi Taktik FM 2010

Disini saya coba menjelaskan soal komponen pertama dan terpenting dalam taktik Football Manager 2010 yaitu filosofi (Philosophy dalam Team Instructions). Kelima filosofi: Very Rigid, Rigid, Balance, Fluid dan Very Fluid akan coba dibahas berurutan.


Disini juga diharapkan jadi forum bagi yang mau atau sudah menggunakan taktik berdasarkan filosofi Very Rigid. Jadi supaya akan lebih sesuai dengan topiknya, kita bisa saling share pengetahuan dan pengalaman soal filosofi Very Rigid disini.

Filosofi adalah komponen kunci dalam taktik FM. Ini menentukan bagaimana tim bermain dalam menyerang  maupun bertahan serta bagaimana kecenderungan pemain bermain secara unit. Walau mungkin agak sulit dimengerti tetapi semuanya mudah-mudahan akan menjadi lebih jelas pada penjelasan dibawah ini dan tentunya juga saat kita bereksperimen dalam pertandingan.

Dalam FM yang terdahulu, slider Mentality menentukan seberapa menyerang pemain-pemain kita dan bagaimana mereka memposisikan diri mereka di lapangan. Dalam beberapa taktik, mungkin ada manager yang menerapkan mentality yang berbeda diantara pemainnya, tetapi tidak terlalu banyak agar jarak antar pemain tidak menjadi terlalu jauh sehingga menyulitkan "koneksi"diantara mereka. Tetapi ada juga manager yang menerapkan sistem yang lebih merata dimana banyak (atau semua) pemain bermain dengan mentality yang sama.

Nah, filosofi di dalam taktik menentukan seberapa jauh jarak mentality pemain serta seberapa "tegas" kita menentukan role defender, midfielder, attacker dan lain-lain. Filosofi yang lebih Rigid menginstruksikan pemainnya untuk tidak terlalu jauh meninggalkan peran dan posisi awalnya. Sedangkan yang lebih  Fluid memberi kelonggaran kepada pemainnya dalam berposisi, seperti misalnya pemain bertahan untuk ikut maju menyerang dan seperti halnya juga penyerang mundur ke belakang.

Secara sederhana dapat dikatakan bahwa filosofi yang cenderung Rigid lebih bisa diterapkan pada pemain-pemain yang lemah dalam atribut mentalnya. Sedangkan tim yang berisikan kumpulan pemain-pemain yang menonjol secara mental (creativity, positioning, decision dll) akan lebih tajam jika diinstuksikan filosofi yang lebih "longgar", 

Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu-persatu:

Very Rigid

Dalam filosofi ini setiap pemain diinstruksikan untuk mempertahankan posisinya sebanyak mungkin. Struktur tim harus tetap terjaga. Defender senantiasa akan berada di belakang gelandang, dimana gelandang juga akan berada di belakang penyerang. Pemain dilarang bergerak terlalu jauh dari "zona"nya dan meng-overlap rekannya yang berada di depan maupun di belakangnya (walaupun ini bisa dibuat lebih fleksibel dengan intruksi Roaming dan Creative Freedom).

Dalam FM 2009, filosofi ini lebih dikenal dengan nama "Rule Of One", dimana perbedaan mentality pemain antar blok adalah 1. Penempatan defender, midfielder dan attacker lebih akurat karena perbedaan antar blok (DC, DL/R, MCd, MCa, ML/R, FCd, FCa) sangat jelas dan tegas disini.

Contoh mentality dalam filosofi Very Rigid:

Mentality
Bisa dilihat bahwa dalam filosofi "Rule Of One" ini perbedaan mentality memang satu (1) diantara blok.
GK  7
DC  8
DL/R  9
MCd  10
ML/R  11
MCa  12
FC  13

Contoh manager yang memakai filosofi ini:
Martin O'Neil (Aston Villa)
Walaupun timnya bukan termasuk yang paling unggul secara teknik tetapi O'Neil telah menyulap Villa menjadi tim "The Best Of the rest" di Premier League. Jika menilik lagi kebelakang maka kita melihat O'Neil termasuk sukses dengan filosofi ini seperti mengejutkan dalam merebut Piala Liga (Leicester City) serta maju ke final UEFA Cup (Glasgow Celtic) sebelum dikalahkan FC Porto asuhan Jose Mourinho. Semuanya bisa diraihnya bahkan dengan tim yang relatif "biasa-biasa" saja.

Kesimpulan Very Rigid
Keuntungan
  • Struktur tim akan selalu terjaga.
  • Pertahanan akan lebih kokoh; Bagi tim yang ingin mempunyai pertahanan solid tetapi mempunyai pemain bertahan yang lemah dapat menggunakan filosofi ini untuk memperkokoh barisan belakang.
  • Bagus untuk tim yang relatif lebih lemah. Tim yang bermaterikan pemain-pemain yang lemah dalam kreativitas dan skill bisa menggunakan filosofi ini.
  • Filosofi yang cocok bagi taktik bertahan.
Kekurangan
  • Serangan relatif lebih mudah terbaca lawan.
  • Kurang bagus bagi tim yang sedang ingin mencari gol.
TIPS Kelemahan filosofi ini memang dalam serangan, maka untuk memberikan serangan yang lebih menggigit:
  • Gunakan 'More Roaming', atau bisa juga memberikan kebebasan 'roaming' terutama pada Attacking Midfield (AMC, AML, AMR) dan Striker.
  • Berikan Creative Freedom ekstra, terutama pada  Attacking Midfield (AMC, AML, AMR) dan Striker.


Kategori
Versi: 
Topik: 
Taktik dan Training
File Download: 
Tidak
4.666665
Your rating: None Average: 4.7 (3 votes)

Comments

MazDeja's picture

Seeph Gan..Thenks udah

Seeph Gan..Thenks udah memberi penjelasan tentang philosophi ini..lanjutkan lagi gan..

balcan's picture

seepp deh..nambah info lagi

seepp deh..nambah info lagi nih..sejauh ini gw pake balance soalnya hehe..
it's time to fluid mode hehehe
teuku rizky's picture

hebatt bos... belajar

hebatt bos...
belajar darimana sih kayak gini....???
thx ya info nya
Badai's picture

Sipppp....

Thx boz share'nya....
Bermanfaat...
Yg lain'ny jg d'share donk filosofi taktik'nya....
Randit D Puskas's picture

Mantap..... As Roma Q dg

Mantap.....

As Roma Q dg 4-3-1-2 menyingkirkan MU di fase knouck out Champions League...

Randit D Puskas's picture

Spartan Performance...

Mantap As Roma Q dg 4-3-1-2 menyingkirkan MU di Fase Knouck Out Champions League...bentar lagi Chelsea jadi Korban di Perempat Final.
Mash memimpin Serie-A dg GAP 3 points dg Inter...Copa Italy uda Semifinal...

buser.gera's picture

 lengkapnya bagaimana

 lengkapnya bagaimana sob?????
saprudin's picture

manteb gan,,,

okeh banget gan,, tengkyu,, hheheee,,,

lanjutkan,,,
boyz's picture

bos, klo pergerakan

bos, klo pergerakan individual pemaennya di rubah jgn? atau cuma team intructionnya aja..?
makasih...
Phenom's picture

Player Instructions Very Rigid

Boleh-boleh aja  Player Instructions dirubah, tapi kalo menurut saya pribadi sedikiiiit aja cukup.

Contoh: untuk posisi Deep Lying Forward tipe support - kalo misalnya defaultnya Long Shot adalah always tetapi kalo penyerang saya ternyata lemah dalam long shots (bisa dilihat di attributnya) biasanya akan saya turunkan jadi mixed aja.

Tambahan contoh lagi, kalau dua contoh berikut ini biasanya karena pemain sedang tidak dalam formnya, jadi hanya perlu diset saat pertandingan itu saja:
  • Kalau dalam pertandingan, ternyata salah satu pemain saya passingnya buruk sekali - salah melulu - padahal saya belum mau/tidak bisa mengganti pemain ini maka biasanya saya akan turunkan creative freedom-nya.
  • Contoh lagi, misalnya salah satu pemain saya suka melakukan takling keras (dive tackling) tapi pemain lawan selalu lolos dari tackling dia (ini penting kalo pemain kita tersebut berposisi bek), maka saya biasanya akan menurunkan tackling-nya.

User login

Advertisement

Advertisement